Rismalasari

Penulis bernama lengkap Hj,.Rismalasri,S.Pd.MM yang dilahirkan di Bandung adalah seorang Kepala Sekolah yang saat ini bertugas di SMP Negeri Kabupaten Bog...

Selengkapnya
Navigasi Web
SIAP BELAJAR DI SEKOLAH  MASA PENDEMI COVID-19 (172)
Koleksi

SIAP BELAJAR DI SEKOLAH MASA PENDEMI COVID-19 (172)

SIAP BELAJAR DI SEKOLAH MASA PENDEMI COVID-19

OLEH RISMALASARI

Menyikapi Masa darurat Covid -19 di sekolah sangatlah sulit, banyak kekhawatiran terhadap kesehatan dan keselamatan murid. Berbagai surat edaran sudah disebar oleh pihak terkait dari Mendikbud hingga Kepala Dinas. Kepala Sekolah harus menyikapi edaran tersebut dengan memperhatikan protokol covid-19.

Hal apa sajakah yang harus dipersiapkan Kepala Sekolah dalam pembelajaran saat covid-19 ?

1. Dalam pembelajaran daring guru harus memiliki sikap saling asah, saling asih , saling asuh, saling mengajari, saling melatih, saling membimbing dan menjadi mentor yang membatu siswa manakala menemui kesulitan.

2. Kinerja Kepala sekolah untuk memenuhi tugas dan fungsinya mengelola penyelenggaraan pembelajaran daring di saat pendemi covid-19 adalah menjamin bahwa pembelajaran berlangsung dengan terukur kualitasnya dan memberi dukungan kepada guru dalam pelaksanaan mengajar dari rumah.

3. Kepala Sekolah membuat perencanaan secara terprogram, melaksanakan semua program yang telah dibuat dan melakukan evaluasi secara kontinyu dalam program pembelajaran secara daring di rumah.

4. Kepala Sekolah melakukan analisis kebutuhan monitoring, menyusun instrumen, pemantauan pembelajaran. Mensosialisasikan instrumen monitoring, melaksanakan monitoring, menganalisis data hasil monitoring. Menindaklanjuti hasil monitoring.

5. Kepala Sekolah mengidentifikasi masalah pembelajaran daring, menentukan strategi pembelajaran daring, menganalisis gaya belajar siswa, menentukan jenis pembelajaran daring sesuai kebutuhan.

6. Kepala Sekolah membuat perencanaan supervisi. Melaksanakan supervisi dimulai dengan pra observasi, pengamatan pembelajaran, dan pasca observasi, melakuka. Evaluasi pelaksanaan supervisi masa pendemi covid-19.

Langkah strategis Kepala Sekolah menghadapi belajar saat pendemi covid-19 sudah dirancang, selanjutnya aktualisasi dan implementasi di lapangan. Semoga infrastruktur dan keterlaksanaan program sesuai dengan harapan

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

search

New Post