Rismalasari

Penulis bernama lengkap Hj,.Rismalasri,S.Pd.MM yang dilahirkan di Bandung adalah seorang Kepala Sekolah yang saat ini bertugas di SMP Negeri Kabupaten Bog...

Selengkapnya
Navigasi Web
Implementasi Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah saat Covid-19 (173)
Koleksi

Implementasi Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah saat Covid-19 (173)

Implementasi Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah saat Covid-19

( Bagian 1 )

Oleh Rismalasari

Implementasi pengelolaan sekolah saat covid-19 merupakan hal yang baru. Bagaimana menjalani new normal dalam dunia sekolah adalah hal yang rumit. Perlu perencanaan yang matang, pelaksanaan yang simpel dan evaluasi yang rutin berkesinambungan.

Seperti yang diungkapkan Ki Hajar Dewantoro " setiap orang adalah guru dan setiap rumah adalah sekolah". Menyimak hal ini dihubungkan dengan pendemi covid-19 Kepala sekolah mengupayakan pembelajaran jarak jauh / daring. Semua rumah adalah sekolah dan orang tuapun bisa menjadi guru.

Langkah perencanaan apa saja yang harus dirancang Kepala sekolah agar semua bisa berlangsung sesuai harapan. Pertama Kepala Sekolah melakukan koordinasi efektif dengan dinas pendidikan, komite sekolah, guru serta staf sekolah lainnya tentang informasi dan up date covid-19.

Kedua Kepala Sekolah menyampaikan informasi terbaru tentang perkembangan covid dibagikan kepada komite, guru, karyawan atau staf sekolah lainnya.

Ketiga Kepala Sekolah membuat surat tugas kepada guru untuk pembelajaran daring.

Keempat Kepala Sekolah membuat surat pemberitahuan/ edaran kepada orang tua tentang pelaksanaan pembelajaran daring.

Kelima Kepala Sekolah mendata kemampuan guru terkait penguasaan media pembelajaran daring ( WA, FB, Webex, zoom, Google Classroom ) .

Keenam Kepala Sekolah merancang solusi untuk guru dan murid yang mengalami hambatan dalam penggunaan media pembelajaran daring ( pelatihan singkat, pendampingan teman sejawat, belajar mandiri, home visit )

Bersambung......

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

search

New Post