Rismalasari

Penulis bernama lengkap Hj,.Rismalasari,S.Pd.MM yang dilahirkan di Bandung adalah seorang Kepala Sekolah Penggerak angkatan 1 yang saat ini bertugas di SMP Nege...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bersama Presiden Penyair Indonesia (  80)
koleksi pribadi

Bersama Presiden Penyair Indonesia ( 80)

Bersama Presiden Penyair Indonesia ( 80)

Oleh Rismalasari

#Tantangangurusiana ke-80

Pertemuanku dengan Presiden penyair Indonesia dalam giat Hari Puisi Indonesia di TMII Jakarta memberi kesan tersendiiri. Karya beliau yang kupentaskan dalam teatrical musikalisasi Puisi bersama Perkumpulan Seni Asnur berlangsung sukses. Rasa penasaran tentang beliau segera diungkap.

Sutardji Calzoum Bachri adalah pujangga Indonesia terkemuka, ia dikelompokkan sebagai Sastrawan Angkatan 1966 - 1970-an. Bahkan diberi gelar Presiden Penyair Indonesia. Sutardji Calzoum Bachri lahir di Rengat, Indragiri Hulu, pada 24 Juni 1941.

Dari sajak-sajaknya itu Sutardji memperlihatkan dirinya sebagai pembaharu perpuisian Indonesia. Terutama karena konsepsinya tentang kata yang hendak dibebaskan dari kungkungan pengertian dan dikembalikannya pada fungsi kata seperti dalam mantra.

Pada musim panas 1974, Sutardji Calzoum Bachri mengikuti Poetry Reading International di Rotterdam. Kemudian ia mengikuti seminar International Writing Program di Iowa City, Amerika Serikat dari Oktober 1974 sampai April 1975. Sutardji juga memperkenalkan cara baru yang unik dan memikat dalam pembacaan puisi di Indonesia.

O Amuk Kapak merupakan penerbitan yang lengkap sajak-sajak Calzoum Bachri dari periode penulisan 1966 sampai 1979. Tiga kumpulan sajak itu mencerminkan secara jelas pembaharuan yang dilakukannya terhadap puisi Indonesia modern.

Demikian cerita tentang tokoh sastra idola , ketika dua tahun lalu bertemu dengan penulis dialam Pentas Rekor Muri menulis puisi 5 Negara ASEAN di Sasono Langen Budoyo TMII Jakarta

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bahagianya bertemu idola, barakallah...

03 Apr
Balas

ya bu

03 Apr



search

New Post