Rismalasari

Penulis bernama lengkap Hj,.Rismalasari,S.Pd.MM yang dilahirkan di Bandung adalah seorang Kepala Sekolah Penggerak angkatan 1 yang saat ini bertugas di SMP Nege...

Selengkapnya
Navigasi Web
Museum Royal Regalia  Brunei Darussalam (72)
koleksi pribadi

Museum Royal Regalia Brunei Darussalam (72)

Museum Royal Regalia Brunei Darussalam (72)

oleh Rismalasari

Museum Royal Regalia adalah salah satu tempat wisata di Brunei yang wajib anda kunjungi. Di sini anda bisa melihat harta-harta kerajaan milik Sultan dari zaman dulu hingga zaman sekarang. Gedung megah ini terletak di tengah kota Bandar Sri Bengawan, sehingga tidak disulit dicapai menggunakan transportasi umum lokal. Museum Alat Kebesaran Diraja ini adalah sebuah museum yang terletak di tengah -tengah kota Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam. Museum ini berada di dekat Pusat Sejarah Brunei. Alamat: Jln Sultan Omar Ali Saifuddien, Bandar Seri Begawan BS8611, Brunei Darussalam.

Penataannya artistik, dengan ornamen dan foto-foto yang disusun sesuai dengan perkembangan cerita kehidupan Sultan pada masa itu. Museum ini berisi barang-barang milik Sultan dan kerajaan yang lengkap. Pajangan yang paling menarik perhatian pendatang di museum ini adalah tahta rajanya yang terbuat murni dari emas serta kereta tempat perarakan Sultan pada zaman dulu.

Bentuk bangunan alat kebesaran diraja menggabungkan ciri-ciri konsep Melayu Islam Kerajaan yang telah menjadi salah satu unggulan tanda di Bandar Seri Begawan yaitu ibukota Negari Negara Brunei Darussalam.

Bangunan ini sebagian besar memperlihatkan Alat-alat kebesaran dan Perhiasan Diraja yang diwarisi sejak turun-temurun dari zaman ke zaman sebagai lambang kebesaran Kerajaan Negara Brunei Darussalam.

Galeri-galeri yang dipamerkan adalah :

• Pameran Alat-alat Kebesaran Diraja ( sejak1968)

• Galeri Pameran Diraja

• Galeri perhiasan Emas/perak

• Galeri pameran Sejarah

• Perkembangan Kelembagaan Negara Brunei Darussalam

Pada Pameran Alat-alat Kebesaran Diraja terdapat Pataratna yaitu bangunan tahta kebesaran Raja Seri Baginda Sultan Haji Hassanal Bolkiah, dan juga ada Usongan Diraja yaitu merupakan kereta kencana saat Raja Seri Baginda Sultan Haji Hassanal Bolkiah mengelilingi Negeri Bandar Brunei, terdapat juga Kuching Emas ( Royal Chariot) yang merupakan kereta pertempuran kebesaran selama menjalankan roda kerajaannya yang juga merupakan prosesi kerajaan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Bu...

31 Mar
Balas

Mantap bund... Nambah pengetahuan, semangat bund!! Sukses selalu

26 Mar
Balas

ya bu makasih sdh mampir

26 Mar



search

New Post