Rismalasari

Penulis bernama lengkap Hj,.Rismalasari,S.Pd.MM yang dilahirkan di Bandung adalah seorang Kepala Sekolah Penggerak angkatan 1 yang saat ini bertugas di SMP Nege...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bersama Guru Penggerak Lakukan Perubahan ( 77 )
koleksi pribadi

Bersama Guru Penggerak Lakukan Perubahan ( 77 )

Bersama Guru Penggerak Lakukan Perubahan ( 77 )

oleh Rismalasari

#TantanganGurusiana ke-77

Pendidikan mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Dalam proses perubahan pendidkan tergantung pada apa yang dilakukan dan dipikirkan guru. Guru merupakan pemeran utama dalam proses belajar mengajar di sekolah, peran guru di sekolah memiliki peran ganda, di pundak merekalah terletak mutu pendidikan. Guru adalah seorang manajer yang mengelola proses pembelajaran, merencanakan, mendesain pembelajaran, melaksanakan aktivitas pembelajaran bersama siswa, dan melakukan pengontrolan atas kecakapan dan prestasi siswa .

Guru sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan pendidikan merupakan sosok yang sangat berpengaruh dalam proses belajar mengajar di sekolah. Kepiawaian dan kewibawaan guru sangat menentukan kelangsungan proses belajar mengajar di kelas maupun efeknya di luar kelas. Guru adalah sebagai fasilitator (guide in the side) yang harus pandai membawa siswanya kepada tujuan yang hendak dicapai, dengan cara yang lebih baik.

Dengan demikian, dalam pembaharuan pendidikan, keterlibatan guru mulai dari perencanaan inovasi pendidikan sampai dengan pelaksanaan dan evaluasinya memainkan peran yang sangat besar bagi keberhasilan suatu inovasi pendidikan. Degan kata lain dalam pembahruan atau perubahan pendidikan guru berperan sebagai change agent (agen pembaharu). Guru yang melakukan Inovasi senantiasa bergerak untuk melakukan langkah di luar ekspetasi ( out of the Box ). Terus melangkah dalam Pendidikan merdeka belajar, lakukan inovasi sebagai agen of change.

Bersambung........ke part 2

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Guru harus selalu mengupgrade diri agar tidak ketinggalan.

04 Apr
Balas

Betul bund, begitulah kiranya seorang guru harus punya banyak peran..sehat dan sukses selalu bun

31 Mar
Balas

ya bu makasih

31 Mar

Keren Bun artikelnyaSalam kenal dari kota Tasikhhtp://yiyissitiburaidah.gurusiana.idSukses selalu

31 Mar
Balas

makasih

31 Mar

Guru hebat dapat menjadi agen perubahan, selamat Bu

31 Mar
Balas

iya benar bi

31 Mar

Semoga menjadi inspiratif

31 Mar
Balas

ya bu makasih

31 Mar



search

New Post