Rismalasari

Penulis bernama lengkap Hj,.Rismalasri,S.Pd.MM yang dilahirkan di Bandung adalah seorang Kepala Sekolah yang saat ini bertugas di SMP Negeri Kabupaten Bog...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pilar Pamoyanan Noni Belanda Berusia Ratusan Tahun ( 32 )
Koleksi pribadi

Pilar Pamoyanan Noni Belanda Berusia Ratusan Tahun ( 32 )

Pilar Pamoyanan Noni Belanda Berusia Ratusan Tahun ( 32 )

Oleh Rismalasari

#TantanganGurusiana. _ 32

Tak banyak yang tahu bangunan apa yang ada di depan villa perkebunan Van Motman Jasinga ini. Pilar -pilar berusia ratusan tahun ( sebelum 1893 ) masih megah dan tegak berdiri.

Pilar tempat berjemur noni Belanda berukuran 4x6 ini terletak di depan rumah villa perkebunan karet Van Motman jalan Setu Jasinga. Masyarakat sekitar menyebutnya Pilar Pamoyanan.

Lima generasi keluarga Van Motman menggunakan bangunan ini sebagai tempat berjemur. Lingkungan yang asri, memungkinkan cahaya matahari langsung , iklim tropis memanjakan noni Belanda untuk menikmati hangatnya mentari desa Jasinga ini.

Pilar pamoyanan noni Belanda masih kokoh berdiri, sebagai saksi sejarah ratusan tahun lalu di kala masa kolonial Belanda. Kini perkebunan karet ini ada dalam penguasaan PT WSA.

Pilar pamoyanan noni Belanda kini tinggal kenangan . Tidak ada lagi noni yang hendak berjemur, pilar kokoh jadi misteri. Untuk menambah kenyamanan oleh pengelola yang terakhir diberikan cungkup atap pada bagian atasnya. Tetapi cungkup ini tidak pernah bertahan lama. Selalu terbang dan kemudian hilang.

Sepertinya pilar pemoyanan ini memang konsep awalnya adalah untuk berjemur, jadi pemilik awalnya tak rela untuk diberikan atap cungkup ( begitu kata security perkebunan PT WSA). Jadilah pilar pamoyanan Jasinga ini tempat mengabadikan ekspedisi penulis di tempat ini. Nantikan ekapedisi di tempat lainnya lagi.

Wallahu alam bi showab

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan
search