Rismalasari

Penulis bernama lengkap Hj,.Rismalasri,S.Pd.MM yang dilahirkan di Bandung adalah seorang Kepala Sekolah yang saat ini bertugas di SMP Negeri Kabupaten Bog...

Selengkapnya
Gebyar Gerakan Literasi

Gebyar Gerakan Literasi

Gebyar Gerakan Literasi sekolah di SMPN 1 Leuwiliang dicanangkan secara masif pada hari senin 6 Agustus 2018. Seluruh siswa, guru dan kepala sekolah turut berpartisipasi dalam gerakan tersebut. Semua insan menyiapkan buku yang harus dibacanya dalam salah satu mata acara readhaton.

Tujuan dari pencanangan gerakan literasi ini untuk menyiapkan generasi cendikia yang literat, membentuk habituasi positif yaitu membaca dan menulis. Salah satu program yang diusung adalah sagusabu( satu guru satu buku ) , sasisabu ( satu siswa satu buku), readhaton, busali sebagai kontrol produk hasil baca dan tulis yang monitor langsung oleh tim literasi dan orang tua murid.

Partisipasi orang tua murid dalam gerakan literasi ini cukuo menggembirakan. Buku- buku aneka genre disumbangkam ke kelasnya masing- masing sebagai bahan bacaan siswa yang berada di dalam kelas perwaliannya. Setiap kelas memiliki sudut baca sebagai wujud dukungan dalam program literasi sekolah. Pendampingan san.monitoring terus dilakukan untuk keberlangsungan program.

Output siswa yang berhasil membuat resensi dari hasil membaca dipreaentasikan di depan forum selurih siswa dan guru selepas upacara senin pagi. Reward untuk membeeikan stimulus agar membaca jadi kebiasaan dan menjadi kebutuhan siswa dan guru. Bahkan kepala sekolah telah menghasilkan karya buku yang pada saat gebyar literasi diberikan sebagai hadiah kepada siswa dan guru yang dapat menjawab kuis. Ada 5 karya buku yang telah dihasilkan oleh Hj. Rismalasari, SPd. MM ( kepala sekolah ) sebagai pelopor Gerakan Literasi Nasional. Aktivis media guru Indonesia serta Peekumpulan rumah seni Asnur ini senantiasa berharap dapat menularkan virus menulisnya kepada siswa ataupun guru.

Besar harapan program ini dapat berlangsung terus menerus dan berkesinambungan. Seperti balon harapan literasi yang mengangkasa setinggi cita- cita dan harapan sekolah. Semoga....

Leuwiliang, 6 Agustus 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali